Posted by : Erick Elfrada Sinurat Senin, 22 Oktober 2012


Batre handphone anda sering nge-drop? Di pakai internetan atau nelpon bentar sudah bunyi "cenat cenut" ?
Kalau anda punya masalah yang sama seperti saya yang memiliki batre handphone yang sudah drop maka tidak ada salahnya mencoba trik yang saya dapatkan di forum beberapa bulan yang lalu yaitu, 
 
"MASUKKAN BATRE ANDA KE FREEZER KULKAS".

Wow, tips sesat macam apa ini?
Tenang saya sudah pernah mencobanya sendiri, karena memang berhasil makanya saya share di sini, well langsung saja silahkan di simak.
  • Pertama kuras dulu batre handphone anda sampai habis, saya rasa bagi yang batrenya memang nge-drop gak bakal kesulitan di tahap ini.
  • Bungkus rapat batre menggunakan plastik, hal ini di lakukan bukan hanya untuk melindungi batre dari air tapi juga melindungi makan di kulkas kalau-kalau terjadi hal yang tidak di inginkan seperti kebocoran batre.
  • Masukkan batre yang sudah terbungkus rapat tadi ke dalam freezer, untuk masalah waktu teori bermacam-macam, kisarannya sekitar 3 sampai 12 jam.
  • Sekedar tambahan, ketika batre di keluarkan dari freezer dan bungkusan plastik segera balut dengan tisu kering, hal ini untuk mencegah timbulnya embun-embun pada batre.
  • Dan Batre siap kembali di pasangkan pada handphone, tentunya charge dulu sampai full  karena sudah kita kuras tadi.
 Rasakan perbedaannya antara sebelum dan sesudah "masuk freezer".

Penjelasan Teoritis:
Pada 1889 seorang ahli kimia dari Swedia yang bernama Svante Arrhenius mengatakan bahwa suatu reaksi kimia baru akan terjadi jika molekul-molekul yang bertabrakan memiliki suatu energi kinetik minimum tertentu. Hubungan antara konstanta kecepatan reaksi dengan temperatur dalam Kelvin dan energi aktivasi adalah sebagai berikut k=Ae-Ea/RT atau lnk= lnA -Ea/RT dengan A adalah faktor pre-eksponensial atau faktor frekuensi. Semakin besar temperatur T maka konstanta kecepatan reaksi k juga akan semakin besar, artinya reaksinya juga akan semakin cepat.

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan faktor panas berlebih akan mempercepat energi lepas, jadi batre (dan sumber energi sejenis) akan lebih awet kalau di gunakan dalam temperatur rendah.
Dan juga batre Li-ion/ Lithium Ion (seperti batre handphone) setiap kali di gunakan dan di charge ulang maka partikel di dalamnya bekerja menghantarkan listrik, semakin lama partikel-partikel ini akan semakin jauh satu sama lain, dengan di masukkan ke dalam freezer konon katanya bisa kembali merapatkan partikel-partikel ini.

Nah tunggu apa lagi? Silahkan di coba, semoga berguna.

Nb: 
-Hasil akan berbeda tergantung tingkat keparahan batre apakah sudah lama drop atau baru-baru saja.
-Konon efek yang di hasilkan pada batre original jauh lebih bagus dari pada non-original.
-Dan konon juga cara ini bisa di gunakan untuk batre laptop, walaupun saya sendiri belum pernah mencobanya untuk laptop.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^^Find Me^^

^^Translate^^

^^God Enel^^

^^God Enel^^
My Favorite Anime Character

- Copyright © Elfrada.com - You'll Get it Here-|-Robotic Notes-|-Powered by Blogger -|- Designed by Erick Elfrada -