Posted by : Erick Elfrada Sinurat Minggu, 15 Juli 2012


SuperKomputer merupakan komputer yang mempunyai kapasitas, kecepatan perhitungan yang sangat tinggi. Menggabungkan puluhan sampai ratusan ribu processor dengan sistem dan perangkat teknologi tinggi, sehingga dihasilkan komputer super cepat. Bagaimana perbandingan SuperKomputer dengan PC saat ini atau Ipad 2.

Kecepatan perhitungan SuperKomputer diukur dengan FLOPS (Floating Point Operation Per Second). Untuk mempermudah, flops ini dapat dianalogikan sebagai Jumlah operasi perhitungan dalam satu detik. SuperKomputer tercepat saat ini ( November 2011 ) diduduki oleh K Computer, yang dikembangkan oleh RIKEN dan Fujitsu di Jepang. Kemampuannya saat ini sudah mencapai 10.51 petaflops ( 10.510.000.000.000.000 flops). Sehingga kurang lebih dapat memproses operasi sebesar itu dalam satu detik.





K Computer dikembangkan oleh Fujitsu ini menggunakan 88.000 processor ( Sun SPARC64 VIIIfx 2.0GHz 8 core), rak server sebanyak 864 dan menggunakan sistem operasi Linux. Tampilan K Computer seperti terlihat pada gambar diatas.

Seberapa Cepat 10.51 petaflops?
Untuk mempermudah kita menggambarkan kecepatan SuperKomputer ini,RoyalPingdom membuat gambaran tentang seberapa cepat atau membandingkan dengan PC dan juga Ipad 2 yang banyak beredar dan kemampuannya yang lumayan canggih.

Salah satu processor tercepat saat ini yang bisa kita jalankan di PC atau komputer rumahan, mungkin adalah Intel Core i7 980 XE, mempunyai kemampuan 109 gigaflops. Sedangkan Apple Ipad 2 dengan teknologi terbarunya menggunakan processor A5 dual core 1 GHz, yang mampu menjalankan berbagai aplikasi modern termasuk game 3D, mempunyai kecepatan 171 megaflops.

A5 processor di Ipad 2 171 megaflops
Intel Core i7 980 EX 109.000 megaflops
K Computer 10.510.000.000 megaflops

Dari tabel diatas mungkin sebagian kita masih belum bisa membayangkan seberapa cepat superkomputer tersebut. Untuk mempermudah, dengan menghitung-hitung, jika dibandingkan dengan Ipad 2, maka untuk menyamai kecepatan super komputer tersebut, akan diperlukan sebanyak 61.461.988 ( 61 juta ) ipad 2. Jika ipad 2 sebanyak ini di tumpuk, maka tingginya akan mencapai sekitar 540 km. Sedangkan untuk PC desktop tercepat, akan diperlukan sebanyak 96.422 buah CPU intel Core i7 980 EX.

Sebagai tambahan, jika dibandingkan dengan masa lalu, salah satu komputer yang pernah dibuat tahun 1976 “Cray 1″ mempunyai kecepatan sekitar 250 megaflops. Sehingga dapat diperkirakan bahwa superkomputer tercepat pada tahun 1970-an ( sekitar 40 tahun yang lalu) sebanding dengan Ipad 2 saat ini. Sehingga bisa jadi 40 tahun yang akan datang, komputer secepat superkomputer saat ini sudah ada di genggaman tangan manusia.

Pemanfaatan SuperKomputer

Karena kecepatan atau kemampuan perhitungan yang super cepat tersebut, superKomputer biasanya digunakan dalam hal penelitian, seperti menganalisa nanomaterial, simulasi molekular (dalam bidang kesehatan atau farmasi), simulasi yang behubungan dengan atom dan elektron, simulasi pergerakan gempa bumi, tsunami dan efeknya, simulasi sirkulasi atmosfer untuk perkiraan fenomena alam dan sebagainya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^^Find Me^^

^^Translate^^

^^Arsip Blog^^

^^God Enel^^

^^God Enel^^
My Favorite Anime Character

- Copyright © Elfrada.com - You'll Get it Here-|-Robotic Notes-|-Powered by Blogger -|- Designed by Erick Elfrada -