Posted by : Erick Elfrada Sinurat Senin, 18 November 2013

Teknik muting (mematikan suara) setelah kita memainkan satu not ke not berikutnya adalah hal yang jarang sekali di perhatikan. Tak heran kenapa orang bule lebih bisa main bersih ketimbang orang Indo karena malasah pada teknik yang sering di sebut "Palm-Muting" ini. Pada dasarnya kelihatan sangat mudah dan simple namun untuk prakteknya saya rasa butuh waktu yang relatif lama. Saya sendiri belum bisa menggunakannya dengan baik hehee...makanya mainnya masih aja keliatan kotor.

Palm Muting

Cara muting ada beberapa bentuk :
  1. Dengan menggunakan sisi telapak tangan kanan. (Seperti gambar di atas)
    Cara ini banyak di gunakan para master gitar seperti Yngwie dan Paul Gilbert.
  2. Menggunakan jari tangan kiri.
    Yaitu seletah kita menekan satu nada tidak mengangkat jari terlalu tinggi, kalo bisa jari masih agak nempel saat kita memainkan nada berikutnya.
  3. Dengan ibu jari tangan kanan.
    Logikanya senar yang kita tekan akan lebih rendah (lebih deket sama fretboard) dari senar yang tidak kita tekan. Jadi Ibu jari mengambil alih atas picking yang kita gunakan.

  4. Dengan kain atau apa saja yang bisa meredam suara senar.
    Caranya di ikatkan di ujung fret dekat fret pertama. Cara ini mungkin adalah cara yang paling mudah namun kelemahannya kita tidak bisa main dengan senar lepas karena tentu senar lepas akan teredam juga akibat kain tadi. Tapi jika kita yakin tidak perlu menggunakan senar lepas maka gunakan saja cara ini di jamin bersih gak ada tuh gaung2 aneh heheee. Andy James sering menggunakan cara ini.
 Pilih mana yang menurut anda lebih mudah dan efektif, mungkin juga ada beberapa yang tidak saya ketahui tentang teknik ini namun pemaparan saya di atas saya rasa cukup untuk sekedar pengetahuan atas wacana anda. Selemat belajar dan jangan menyerah. Tetep \m/ Oke?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^^Find Me^^

^^Translate^^

^^God Enel^^

^^God Enel^^
My Favorite Anime Character

- Copyright © Elfrada.com - You'll Get it Here-|-Robotic Notes-|-Powered by Blogger -|- Designed by Erick Elfrada -