Posted by : Erick Elfrada Sinurat Senin, 24 September 2012

Membuat Recycle Bin Pada Flashdisk. Pada Windows, kita mengenal adanya fasilitas Recycle Bin. Recycle Bin berfungsi untuk menampung file-file yang telah kita hapus dari komputer. Fungsi ini bertujuan untuk mengantisipasi akibat ketidaksengajaan kita dalam menghapus suatu file atau folder dari komputer dan dengan fasilitas Restore kita dapat mengembalikan file/folder tersebut seperti sedia kala. Dan apabila kita sudah benar-benar ingin menghapusnya, kita dapat menghapusnya secara permanen dengan cara mengklik delete  dari Recycle Bin tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Recycle Bin ini hanya menampung file-file / folder-folder yang dihapus dari unremovable drive atau harddisk yang terpasang pada komputer. Sedangkan file-file / folder-folder yang dihapus dari removable drive -- seperti flashdisk – tidak ditampung pada Recycle Bin alias akan dihapus secara permanen. Itu artinya file-file yang telah dihapus dari flashdisk atau unremovable drive lainnya (baik sengaja maupun tidak), kita tidak dapat me-restore-nya kembali.
Namun demikian, jika menghendaki, kita dapat membuat semacam Recycle Bin pada Flashdisk seperti Recycle Bin pada Windows. Sehingga apabila kita menghapus suatu file/folder dari flashdisk maka file/folder tersebut tidak akan langsung dihapus secara permanen namun akan ditampung terlebih dahulu pada Recycle Bin tersebut. Jika kita sudah benar-benar tidak membutuhkannya maka kita dapat menghapusnya secara permanen dari Recycle Bin tersebut.
Untuk membuat Recycle Bin pada Flashdisk, kita hanya membutuhkan sebuah software yang namanya iBin yang dapat kita peroleh secara gratis alias freeware.
Untuk menggunakan software ini, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
Pertama, silakan untuk melakukan download software Ibin  
Kedua, ekstrak file-nya kemudian copy file-nya pada flashdisk
Ketiga, jalankan file iBin dengan mengklik double. Pada jendela konfirmasi yang muncul, klik OK kemudian klik OK lagi pada jendela konfirmasi yang kedua.
 
 
 
Keempat, setelah itu, folder iBin akan terbentuk secara otomatis pada flashdisk. Folder iBin inilah yang akan menampung file-file yang kita hapus.
Kelima, pada setiap kali kita melakukan penghapusan file/folder maka kita akan mendapati jendela konfirmasi, seperti gambar di bawah ini.
Jika kita ingin menghapusnya secara permanen, klik “Erase it
Jika kita ingin menampungnya terlebih dahulu pada folder iBin, klik “Dump into iBin”. Dengan memilih opsi ini, maka jika suatu saat kita masih membutuhkan file tersebut maka kita masih dapat mengembalikannya (me-restore-nya).
Keenam, kita dapat melihat file-file yang ditampung pada iBin dengan cara mengklik folder iBin pada flashdisk kita.
Ketujuh, kita juga dapat mengelola file-file yang ditampung pada folder iBin melalui Dumping Management yang dapat diakses dengan cara mengklik icon iBin yang ada pada tray icon.
Kedelapan, untuk benar-benar menghapusnya, lakukan seleksi file-file yang akan dihapus kemudian klik “Clear Data Selected”. Untuk me-restore-nya kembali, lakukan seleksi file-file yang akan dikembalikan kemudian klik “Recycle Data Selected”.
 
sumber:http://onoid.blogspot.com/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^^Find Me^^

^^Translate^^

^^Arsip Blog^^

^^God Enel^^

^^God Enel^^
My Favorite Anime Character

- Copyright © Elfrada.com - You'll Get it Here-|-Robotic Notes-|-Powered by Blogger -|- Designed by Erick Elfrada -