Posted by : Erick Elfrada Sinurat Kamis, 13 September 2012

Jika anda memiliki sebuah flashdisk atau harddisk eksternal umumnya memiliki file sistem berupa FAT32. Secara default, umumnya harddisk yang terinstal dikomputer anda sudah berformat NTFS. Anda perlu merubah sistem FAT32 dikarenakan keterbatasannya dalam menangani file-file yang berukuran besar (diatas 4 GB). Selain itu format NTFS lebih berjalan stabil dan cepat.

Pada tulisan kali ini akan membahas cara mengubah / Convert harddisk berformat FAT32 ke NTFS tanpa harus kehilangan data sehingga anda tidak perlu repot untuk memindahkan semua data terlebih dahulu sebelum melakukan proses perubahan.
Meskipun terdapat banyak software yang berfungsi untuk meng-convert FAT32 ke NTFS namun sesungguhnya anda dapat melakukan proses ini melalui Command Prompt dengan melalui sedikit perintah sederhana. Cara ini lebih efisien juga tidak memerlukan software tambahan.

  1. Klik MyComputer lalu catatlah nama-nama lokasi drive yang ingin anda ubah (Pada umumnya harddisk model SATA sudah berformat NTFS). Untuk memeriksa apakah harddisk internal, eksternal anda sudah berformat NTSC atau belum, cukup klik kanan pada harddisk tersebut melalui MyComputer > pilih properties. Anda akan melihat informasi NTSC atau FAT32 disana seperti yang tampak pada gambar berikut:
    Cara-Convert-FAT32-ke-NTFS-Tanpa-Memformat-Harddisk
  2. Setelah itu, klik Start > Run. Ketikkan regedit lalu tekan Enter. (Bila anda menggunakan Windows 7 cukup klik Start lalu ketikkan cmd pada kotak pencarian dan tekan Enter)
  3. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan chkdsk E: /F ( keterangan “E” adalah nama drive yang ingin anda convert menjadi NTFS. Perintah ini untuk memeriksa dan memperbaiki error secara otomatis).
  4. Untuk mengeksekusi harddisk FAT32 ke NTFS cukup ketikkan perintah convert E: /FS:NTFS (“E” adalah drive yang ingin anda ubah ke NTFS)
  5. Tunggulah beberapa saat hingga proses konversi selesai. Setelah itu anda dapat memeriksanya kembali seperti yang dijelaskan pada langkah 1 diatas.

    Tambahan:
    Trik ini telah diujicobakan pada flashdisk untuk merubah FAT32 ke NTFC melalui sistem operasi Windows Vista, 7 dan XP
    Trik ini tidak dapat merubah dari NTFC kembali ke FAT32. Untuk mengembalikan ke format FAT32 anda perlu memformat flashdisk / harddisk eksternal tersebut
    Meskipun trik ini berhasil untuk merubah FAT32 ke NTFC tanpa memformat Harddisk namun ada baiknya jika anda mem-backup terlebih dahulu data-data anda sebelum menjalankan trik ini. Dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti komputer restart secara tak terduga ataupun mati listrik, hang karena proses dari program lain dsb.
    ===

    sumber:http://www.ilmu-komputer.org/cara-convert-fat32-ke-ntfs-tanpa-memformat-harddisk.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^^Find Me^^

^^Translate^^

^^Arsip Blog^^

^^God Enel^^

^^God Enel^^
My Favorite Anime Character

- Copyright © Elfrada.com - You'll Get it Here-|-Robotic Notes-|-Powered by Blogger -|- Designed by Erick Elfrada -