Posted by : Unknown Minggu, 26 Oktober 2014

Hai sob , ini Saya dapat dari Cafe Motivasi . Bagaimana cara agar waktu kita tidak terbuang sia sia . Mari kita cek berikut , agar waktu kita lebih optimal .

 
Mengisi waktu luang dengan bersantai-santai adalah hal yang paling diminati oleh sebagian besar orang. Mereka beralasan hal itu dilakukan sekedar mencari hiburan karena kepenatan pikiran yang diakibatkan dari kesibukan kerja atau tugas yang telah diselesaikan. Memang tidak ada yang salah, jika kita ingin bersantai-santai, yang jadi masalah apabila waktu luang itu digunakan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Ini jelas kerugian besar yang akan berdampak kurang baik pada kehidupan kita.
Hal ini sering juga saya alami, tanpa sadar terkadang saya menghabiskan waktu luang tanpa melakukan sesuatu yang bermanfaat. Tiba-tiba saja waktu berlalu begitu cepat dan ketika itu pula saya menyadari bahwa saya telah menyia-nyiakan waktu luang saya untuk hal-hal yang tidak memberikan manfaat apa-apa untuk diri saya. Dari itu saya berpikir keras mencari solusi untuk mengatasi masalah ini. Bagi sebagian orang mungkin ini bukan masalah, tapi bagi saya ini adalah masalah, yang harus segara saya cari solusi terbaiknya.
Setelah melakukan berbagai hal, saya pun menemukan solusi bagaimana menyiasati waktu luang. Dan semua hal itu 90% telah saya lakukan dalam kehidupan saya sehari-hari. Hasilnya sekarang saya lebih bisa merasakan hidup yang lebih punya makna. Karena alasan itulah melalui tulisan ini saya ingin berbagi kepada teman-teman tentang seni menyiasati waktu luang kita dengan hal-hal yang bermanfaat.

1.      Gunakan waktu luang untuk merenung
Kapan waktu terbaik bagi kita untuk merenung? Kalau bagi saya waktu yang terbaik di saat ada waktu luang. Ketika kita sibuk dengan berbagai macam pekerjaan dan aktivitas, maka pikiran dan konsentrasi kita akan terfokus pada pekerjaan yang kita lakukan saja. rasa-rasanya sangat sulit bagi kita merenungi diri dalam keadaan yang seperti itu. Untuk itulah waktu luang bisa kita untuk merenung. Kenapa kita harus merenung? Sebagai manusia tentu kita tidak luput dari yang namanya kesalahan. Merenung ini bisa kita jadikan sarana untuk evaluasi diri, serta dapat pula kita jadikan sarana untuk mencari ide-ide cemerlang untuk masa depan kita yang lebih baik.

2.      Membaca buku
Membaca buku juga merupakan aktivitas yang bermanfaat untuk mengisi waktu luang kita. Dengan membaca kita akan menjadi pribadi yang lebih berwawasan tinggi. Di masyarakat kita budaya membaca mungkin belum sebegitu besar, sehingga membaca itu sendiri masih menjadi sesuatu yang cukup sulit untuk diterapkan. Alasannya sederhana, karena tidak semua orang suka membaca. Namun perlu diketahui membaca itu sebenarnya tidaklah sulit dan tidaklah membosankan. Semua itu tergantung dari diri kita sendiri. Jika anda ingin mengisi waktu luang anda dengan kegiatan positif, maka membaca adalah solusi yang sangat baik untuk kita terapkan. Terlepas dari suka atau tidak anda membaca saya tetap menyarankan bahwa membaca itu sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang.

3.      Menulis
Apakah anda suka menulis? Kalau ya, saya ucapkan selamat dan anda dapat menggunakan waktu luang ini untuk menulis. Bagaimana kalau tidak suka menulis? Saya juga ucapkan selamat karena anda akan memasuki aktivitas baru yang akan membuat anda semakin lebih bersemangat lagi. Justru dengan adanya waktu luang ini anda bisa memulai untuk belajar menulis. Anda bisa menulis apa saja, yang penting itu sesuai dengan apa yang anda sukai dan anda mampu. Kalau saya pribadi menulis adalah salah satu aktivitas yang sudah masuk agenda untuk mengisi waktu luang. Karena sering menulis saya pun mampu menulis 240 artikel dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan. Anda pun bisa melakukannya, bahkan anda bisa mempublikasikan tulisan anda melalui internet, bisa dengan cara membuat blog pribadi atau menjadi penulis untuk blog lain. Tapi saran saya alangkah lebih baik kalau anda punya blog sendiri.

4.      Berkumpul dengan keluarga
Berkumpul dengan keluarga adalah momen penting yang hampir sulit dirasakan oleh orang-orang yang super sibuk. Ketika hal itu menimpa anda, maka sediakan lah waktu luang anda untuk berkumpul dengan keluarga. Hal ini penting sekali dilakukan untuk mempererat jalinan kasih sayang dan kebersamaan dengan semua anggota keluarga. Berkumpul dengan keluarga di sini bisa dilakukan di rumah atau pun di luar rumah, yang terpenting carilah suasana yang mendukung kebersamaan keluarga.

5.      Mencoba sesuatu yang baru di luar bidang keahlian kita
Umumnya orang suka dengan sesuatu yang baru, namun perlu diingat kaitannya mengisi waktu luang sesuatu yang baru itu bisa dengan melakukan aktivitas yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.  Ada banyak hal yang bisa Anda coba. 

6.      Belajar Berbisnis
Saya rasa sebagian besar dari kita suka deh jika bicara tentang bisnis. Tapi kita sadar bahwa untuk melakukan bisnis itu diperlukan ilmu yang cukup. Bisnis itu tidak bisa hanya dengan modal nekat tanpa pertimbangan. Untuk itulah waktu luang ini bisa kita manfaatkan untuk belajar tentang dunia bisnis. 

7.      Rekreasi
Saya rasa semua orang suka rekreasi, terutama untuk mengisi hari libur di akhir pekan. Rekreasi ini juga bisa kita jadikan salah satu agenda kegiatan untuk mengisi waktu luang. Namun perlu di ketahui juga karena rekreasi ini lebih bersifat komersil maka untuk waktu rekreasi ini bisa anda tentukan sendiri sesuai dengan kemampuan anda. namun jika kita jeli, kita bisa juga kok rekreasi dengan hemat dan tetap menyenangkan.
Semua hal di atas adalah opini jadi anda boleh menggunakannya boleh juga tidak, saya yakin anda punya cara sendiri dalam mengisi waktu luang. Namun saya tetap berharap tulisan ini bisa menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda semua.
Bagaimana menurut Anda?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^^Find Me^^

^^Translate^^

^^God Enel^^

^^God Enel^^
My Favorite Anime Character

- Copyright © Elfrada.com - You'll Get it Here-|-Robotic Notes-|-Powered by Blogger -|- Designed by Erick Elfrada -