Posted by : Erick Elfrada Sinurat Minggu, 26 Oktober 2014

Bekerja sambil kuliah sekarang sudah banyak menjadi pilihan mahasiswa. Banyak alasan yang menyebabkan mahasiswa kuliah sambil bekerja di antaranya: untuk bertahan hidup, bayar uang kuliah, menambah pengalaman, memperluas jaringan, ingin mandiri dan tidak tergantung orang tua, menyalurkan hobi dan lain-lain. Terkait dengan hal tersebut ternyata banyak yang mengatakan kuliah sambil bekerja sering mengakibatkan belajar dan prestasi mahasiswa terganggu. Apakah hal itu benar?



Menanggapi pertanyaan tersebut saya mengatakan bahwa anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, kenapa? Karena masih banyak mahasiswa yang kuliah sambil bekerja tapi bisa lulus tepat waktu dan berprestasi. Lagi pula saya merasa, menurunnya prestasi mahasiswa bukan semata-mata dikarenakan karena dia bekerja, buktinya banyak juga kok mahasiswa yang tidak bekerja, punya duit, dan popular tapi prestasinya juga jelek.

Masalah prestasi dan belajar saya rasa tergantung dari mahasiswa itu sendiri. Saya sendiri pernah mengalami masa kuliah yang harus saya sambil dengan bekerja. Jujur saja awalnya memang itu berat, tapi lama kelamaan hal itu menyenangkan dan sama sekali tidak berpengaruh pada prestasi saya, saya bisa membuktikan bisa mengalami peningkatan indeks prestasi dari tiap semester sampai saya lulus. Bukan hanya saya, teman saya juga pernah mengalami masa di mana di kuliah sambil bekerja di sebuah pabrik, itu lebih berat lagi, tapi dengan strategi yang jitu teman saya juga bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang cukup memuaskan.

Dari cerita tersebut, menerangkan bahwa kuliah dan bekerja tidaklah jadi masalah selama mahasiswa punya komitmen dan strategi jitu bagaimana sukses kuliah sambil bekerja. Inilah rahasia yang akan saya tunjukkan kepada anda.

1.      Siap kerja ekstra
Ketika anda memutuskan untuk kuliah sambil kerja maka konsekuensinya anda harus bekerja ekstra dan butuh tenaga double. Anda harus berhati-hati, tetaplah rajin berolahraga dan gunakan waktu istirahat anda dengan baik, meskipun hanya sebentar. Kesalahan ini pernah di lakukan oleh teman saya, dia bekerja dari pagi sampai siang di perusahaan, siang dia kuliah dan malam masih bekerja di rental komputer. Dia sadar betul atas pilihannya, tapi karena kurang berolahraga dan kurang waktu istirahat beberapa bulan kemudian dia sakit dan akhirnya berhenti bekerja di rental, tapi masih bekerja di perusahaan.
Karena kesiapan inilah anda harus meminimkan resiko yang ada ketika anda memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Siap kerja ekstra ini adalah komitmen, jadi jangan karena alasan banyak kerja, akhirnya anda menomorduakan tugas kampus. Inilah yang sering kali di alami oleh kebanyakan mahasiswa. Mahasiswa yang memang bekerja sambil kuliah, sebaiknya secepat mungkin mengerjakan tugas dari kampus jangan sampai di tunda-tunda, karena kalau di tunda-tunda anda akan semakin malas dalam mengerjakan tugas.

2.      Bisa mengatur waktu
Menurut peribahasa waktu adalah emas, jadi mahasiswa harus cerdas dalam menggunakan waktu yang ada. Seperti kita ketahui dalam satu hari itu hanya ada 24 jam, dan waktu afektif yang yang kita miliki kurang lebih 16 jam normal atau maksimal 20 jam. Sekarang bagaimana mengatur  waktu 16-20 jam ini adalah tugas anda. Catat jadwal-jadwal tetap yang tidak mungkin anda rubah, dan jadwal-jadwal yang mungkin bisa berubah. Catat juga waktu luang anda, periksa dengan seksama jangan sampai anda salah. Setelah anda berhasil, silahkan gunakan waktu luang anda selama 15-30 menit untuk belajar atau mengerjakan tugas. Perlu juga di ketahui waktu luang itu pasti ada, tapi terkadang kita tidak menyadarinya.

3.      Bisa membuat kesepakatan
Yang di maksud membuat kesepakatan di sini adalah bagaimana cara kita mengkomunikasikaan keadaan kita pada pihak-pihak terkait. Terutama pada orang tua, dosen terkait dan tempat anda bekerja. Komunikasi itu penting, ini adalah salah satu rahasia teman saya, meskipun beberapa kali di mendapat perkataan yang tidak enak dari atasannya atau dari dosen, tapi dia tidak putus asa, dia mencoba meyakinkan dosen dan atasannya bahwa menjalani kedua hal tersebut karena ada alasan yang sangat masuk akal

4.      Bekerjalah dengan baik
Ini adalah strategi terakhir dan umunya sangat mujarab, beberapa teman saya sudah membuktikan bagaimana mereka menunjukkan kinerja mereka yang terbagus, akhirnya membuat atasan atau bos mereka luluh dan memberikan waktu kepada mereka untuk kuliah. Saya yakin tidak ada tempat usaha atau perusahaan yang ingin di rugikan, dan sebetulnya mempekerjakan mahasiswa tempat usaha atau perusahaan juga mempertaruhkan hasil produksi mereka. Ini harus anda sadari, bahwa anda di kasih kerja itu anda harus berterimakasih, maka dari itu bekerjalah dengan serius dan jangan membuat atasan anda kecewa

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

^^Find Me^^

^^Translate^^

^^God Enel^^

^^God Enel^^
My Favorite Anime Character

- Copyright © Elfrada.com - You'll Get it Here-|-Robotic Notes-|-Powered by Blogger -|- Designed by Erick Elfrada -